Gunadarma BAAK News

Jumat, 13 April 2012

TUGAS 4 PEMBIAYAAN SEKTOR MIKRO DAN PEMBIAYAAN CORPORATE


I.                    PENGERTIAN PEMBIAYAAN MIKRO & CORPORATE

Pengertian Pembiayaan Mikro
 Menurut sumber yang saya dapat pengertian Pembiayaan Sektor Mikro adalah pembiayaan yang diberikan kepada pengusaha mikro.
Berdasarkan sumber yang saya baca, Pembiayaan mikro adalah segmentasi saja, karena pembiayaan yang besar. Pembiyaan tersebut ditujukan untuk kegiatan konsumtif dan pembiayaan kegiatan produktif.
Begitupun dengan sektor ekonomi mikro ada yang produktif dan ada juga  yang konsumtif . Kalau konsumtif itu tidak mempunyai efek mutiplayer ekonomi yang besar. Tapi kalau produktif efek multiplayernya terhadap pengembangan ekonomi akan sangat besar.   
Kelebihan dari pembiayaan mikro itu sendiri adalah jika masyarakat Indonesia dalam usaha mikro nya bisa meningkatkan performance mereka, mereka akan dapat keuntungan.          Maka secara tidak langsung kita ikut meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia. Dikarenakan efek multiplayernya lebih cepat dibandingkan dengan memberi pembiayaan kepada sektor besar. Sebagai contoh kita punya dana Rp1 Milyar dan kita melakukan pembiayaan sebesar satu juta per orang, berarti ada seribu orang yang bisa kita bantu.
Pengertian Pembiayaan Corporate:
Pembiayaan Corporate adalah system yang mengatur dan mengendalikan perusahaan dengan tujuan menciptakan nilai tambah (value added) bagi semua stakeholders yang menekankan pentingnya hak pemegang saham untuk memperoleh informasi dengan benar, akurat, tepat waktu dan transparan mengenai semua informasi kinerja perusahaan, kepemilikan, dan stakeholder (YPMMI & SC, 2002).

 II. PEMBIAYAAN MANAKAH YANG LEBIH MENGUNTUNGKAN ?
Menurut pendapat saya dari beberapa sumber yang lihat, yang lebih menguntungkan adalah pembiayaan sektor mikro  karena untuk saat ini jenis usaha di Indonesia masyarakatnya dominan adalah pelaku usaha mikro. Karena dengan adanya pembiayaan sektor mikro akan menguntungkan para usaha kecil menengah dan apabila usaha mereka berhasil maka dampaknya akan mempengaruhi perekonomian yang lebih baik. Adapun juga pembiayaan sektor mikro, memiliki keuntungan pula seperti;
Selain itu Pembiayaan sektor mikro memiliki keuntungan pula seperti ;

  • Melayani masyarakat berpenghasilan rendah dengan plafon yang sangat fleksibel
  • Bentuk agunan (jaminan) yang fleksibel dan melayani jaminan non-tradisional
  • Dampak psikologis dengan adanya pemberlakuan reward and punishment akan berpengaruh terhadap kepatuhan dan ketaatan serta kedisiplinan pembayaran angsuran.
II.                  TANTANGAN YANG TIMBUL DARI KEDUA PEMBIAYAAN TERSEBUT
Tantangan Pembiayaan Sektor Mikro :
        Keterbatasan sumber dana untuk jangka panjang
         Kerugian apabila usaha kecil yang diberikan dana tidak terlihat  performace nya,   dan
         Apabila pembiayaan nya tidak mengenali karakteristik dari sektor pasar.
Tantangan Pembiayaan Corporate  :

  • Risiko perusahaan dalam memenuhi kewajiban pembayaran bunga dan pokok utang.
  • Pembentukannya membutuhkan biaya yang cukup tinggi.
  • Kepemilikannya yang dapat berpindah-pndah secara mudah. 




       Sumber:

      http://owiekus.blogspot.com/2012/04/pembiayaan-sektor-mikro-dan-pembiayaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar