Gunadarma BAAK News

Minggu, 14 Oktober 2012

REPORTASE TENTANG KOPERASI

WAWANCARA TENTANG KOPERASI SIMPAN PINJAM

Hasil wawancara dengan Ibu Syamsidar (Ibu saya sendiri), mengenai koperasi simpan pinjam Komplek Bank Mandiri Mampang Jakarta Selatan, berikut hasil wawancara:

AWAL BERDIRI KOPERASI

Koperasi KKBMM (Koperasi Komplek Bank Mandiri Mamapang) berdiri pada tahun 2004, koperasi tersebut didirikan oleh Ibu Triono atau ketua pertama koperasi tersebut. Beliau mendirikan koperasi tersebut karena di masa muda beliau pernah menjadi anggota koperasi simpan pinjam. Sekarang beliau sudah tidak aktif lagi dikoperasi simpan pinjam dikarenakan beliau sudah pindah dari Komplek Bank Mandiri. Sehingga salah satu dari anggota koperasi tersebut yang menggantikan beliau menjadi ketua.

NAMA PENGURUS KOPERASI KKBMM

Ketua                : Ny. Adi Saptono
Wakil Ketua       : Ny. Ceng Panji
Ketua Auditor    : Ny. Adang K.
Wakil Auditor     : Ny. Erik L

SYARAT BERGABUNG DAN MEMINJAM DENGAN KOPERASI KKBMM

Syarat bergabung dengan koperasi KKBMM adalah dengan menabung terlebih dahulu di koperasi tersebut. Dengan menabung maka sudah dianggap menjadi anggota koperasi tersebut. Dan wajib menabung 10 ribu setiap bulannya. Setelah menjadi anggota, kita bisa meminjam uang dikoperasi tersebut, adapun syarat meminjam uang tersebut:

  •  Meminjam uang harus sesuai dengan tabungan anggota tersebut, jika tabungan anggota makin besar maka ratio pinjaman akan besar. Contoh jika mempunya tabungan lebih besar dari 5 juta maka ratio peminjaman = 3 kali atau lebih, jika kurang dari 5 juta maka ratio peminjaman = 2 kali.
  • Maksimal peminjaman 20.000.000
 Adapun 2 jenis peminjaman di koperasi tersebut, sebagai berikut:

  • Pinjaman Emergency
  • Pinjaman SU (Sie Usaha)
Adapun Setiap bulanya laoporan hasil koperasi diperlihatkan kepada seluruh anggota dengan diagram batang.

Itulah hasil wawancara tentang koperasi KKBMM dengan Ibu Syamsidar (Ibu saya sendiri).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar